Berita Terkini – Agama adalah kepercayaan pada Tuhan dan segala sesuatu yang berhubungan dengan Tuhan. India adalah negara yang terletak di Asia Selatan dan merupakan tempat kelahiran agama Hindu dan Budha. Sebagaimana diketahui, Hindu dan Budha merupakan dua agama besar dan muncul hampir bersamaan pada abad ke-6 SM. Dan pertama kali kedua agama ini muncul di India. Jika dilihat dari banyak aspek, sebenarnya ada beberapa perbedaan antara Hindu dan Budha. Beberapa perbedaan tersebut dapat dilihat dari bentuk pengakuan, asal usul, kepercayaan pada dewa, kepercayaan pada reinkarnasi, sistem kasta serta proses pelaksanaan pengorbanan yang juga cukup berbeda.

Dalam Penggunaan Kasta

Perbedaan utama antara Hindu dan Budha adalah penggunaan kasta. Dimana dalam agama Hindu setidaknya ada lima kasta yang tingkatannya. Diantaranya adalah

  • Brahmana berbakti pada Pandita / pedanda
  • Kstaria untuk para bangsawan dan raja
  • Waisya untuk peternak, pedagang dan petani
  • Sudra untuk pelayan dan yang tak tersentuh untuk pengemis dan gelandangan.

Adapun agama Buddha, tidak ada kasta atau non-kasta. Dimana dalam Buddhisme dapat menerima siapapun tanpa memandang kelompoknya. Mereka tidak mengakui pembagian kelompok kasta di dalam komunitas.

Dalam Tradisi Lokal

Perbedaan Hindu dan Budha lainnya adalah dalam hal tradisi lokal. Masuknya agama Hindu dan Budha ternyata tidak benar-benar merusak tradisi nenek moyang masyarakat. Salah satu contohnya di Indonesia seperti Bali dan Jawa, masuknya agama Hindu dapat mempersatukan mereka dengan baik dan sempurna tanpa mengubah ketentuan nenek moyang di masyarakat setempat itu sendiri. Adapun contoh Buddhisme adalah dari Tibet, dimana Buddhisme sebenarnya tidak menghancurkan atau menghancurkan agama asli tempat tersebut, tetapi sebaliknya kedua agama ini dapat berbaur dengan sempurna.

Dalam Menggunakan Istilah

Perbedaan Hindu dan Budha juga terlihat dari aspek istilah yang mereka gunakan padahal sebenarnya memiliki arti dan tujuan yang sama. Dalam agama Hindu ada istilah ahamkara yang berarti ego, sedangkan dalam agama Buddha juga dikenal istilah kemelekatan yang artinya keinginan. Sebenarnya artinya hampir sama. Dalam bukunya Buddha menggunakan bahasa praktis yang merupakan bahasa rakyat. Sedangkan dalam agama Hindu kitab tersebut menggunakan bahasa Sansekerta yang telah dikenal sejak lama sebagai bahasa tertua di dunia.

Perbedaan antara kitab suci Hindu dan Buddha

Perbedaan antara Hindu dan Budha sangat jelas jika berbeda dengan kitab yang dijadikan salah satu pedoman dalam menjalani hidupnya. Untuk agama Hindu, ada beberapa kitab yang terkenal. Beberapa di antaranya adalah Reg Veda, Yajur Veda, Sama Veda dan Atharva Veda. Semua kitab ini biasanya menjadi pedoman bagi umat Hindu dalam menjalani kehidupannya. Sedangkan dalam agama Buddha dikenal dengan kitab Tripitaka. Buku ini sendiri sebenarnya terbagi atas nama Sutta Pitaka, Vinaya Pitaka dan Abhidharma Pitaka.

Dalam kepercayaan

Perbedaan antara Hindu dan Budha juga terlihat pada cara mereka beribadah dan juga buku yang mereka pegang. Bagi agama hindu biasanya lebih banyak menyembah dewa-dewa yang sangat mereka yakini dan memiliki kekuasaan dalam hal-hal tertentu dalam mengatur semua makhluk hidup di muka bumi ini. Agama Hindu sering disebut sebagai agama politeistik yang menyembah banyak dewa. Tetapi tidak semuanya benar, karena dalam Hinduisme, dewa bukanlah dewa. Menurut orang Hindu sendiri, Tuhan itu satu-satunya.

Adapun agama Buddha dalam hal mencapai kesempurnaan dengan bantuan para brahmana atau pendeta. Tidak berhenti sampai disitu, perbedaan antara Hindu dan Budha juga terlihat dari aliran yang mereka ambil. Dalam agama Budha terbagi menjadi dua aliran, yaitu aliran mahaya dan aliran Hinayana. Nah, inilah perbedaan antara Hindu dan Budha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *