Berita Terbaru – Keinginan istikamah dalam beribadah pasti menjadi impian setiap muslim. Hanya saja iman terkadang naik turun jika kita tidak pintar menjaganya. Hubungan yang lepas dengan Sang Pencipta pada akhirnya akan membuat kita menyesal di kemudian hari. Nah, karena iman begitu mudah berubah, berikut beberapa cara menumbuhkan keimanan yang sangat dianjurkan bagi umat Islam. Simak tips berikut untuk panduan lebih mudah.

1. Pertahankan kesucian dengan selalu bergoyang-goyang

Jika biasanya kita hanya berwudhu saat ingin sholat, sekarang usahakan untuk berwudhu saat mau ke kampus, kantor atau acara apapun. Rencanakan agar Anda mendapat pahala dan menjaga kemurniannya. Niscaya manisnya iman akan semakin terasa di sepanjang jalan. Lebih baik lagi jika Anda memahami arti dari setiap gerakan wudhu. Maknanya mulai dari membasuh muka sampai dengan arti membasuh kaki. Dengan memahami, Anda akan menikmati dan merasakan lebih banyak wudhu.

2. Sujud Adalah Saat Anda Dekat Dengan Allah

Percayalah bahwa di dalam kita berada dalam kualitas ilahi yang alami (titik dewa). Anda dapat mengaktifkan titik dewa untuk memperkuat hubungan Anda dengan Allah SWT melalui peningkatan sujud, misalnya dengan mendirikan shalat sunah seperti Dzuha dan Tahajud. Mintalah doa terbaik saat bersujud dan memperpanjangnya. Semakin sering kita sujud, aliran darah ke otak juga akan semakin lancar.

Kedekatan dengan Allah swt hanya bisa dilakukan oleh orang yang bersih hatinya, berakal jernih dan terjaga jasmani. Iri hati, dendam dan marah adalah penyakit jantung yang bisa membuat kita melupakan Sang Pencipta karena dikendalikan oleh nafsu. Ketulusan, kesabaran dan pengampunan adalah obat yang menyembuhkan penyakit hati. Dengan menyerahkan segala permasalahan Anda kepada Allah SWT, hati Anda akan semakin dekat dengan-Nya.

3. Tingkatkan Doa Anda

Selama ini kita mungkin masih mengulur waktu sholat entah sengaja atau tidak. Tahap pertama usahakan sholat tepat waktu, minimal jangan sampai sholat sengaja telat meski tidak ada kendala apapun. Kita juga bisa memperbaiki shalat kita dengan belajar memahami arti bacaan sholat, mengetahui apa saja manfaat dari gerakan sholat hingga kita benar-benar merasakan nikmatnya sholat yang khusuk.

4. Melakukan Dzikir Secara Rutin

Dzikir mampu menimbang timbangan amal kita. Jika selama ini kita hanya melakukan dzikir setelah sholat, cobalah sekarang biasakan berdzikir di sela-sela aktivitas baik berdiri, duduk maupun tiduran. Kalimat tauhid lailaha ilallah merupakan salah satu dzikir yang paling disukai Allah dan paling dicintai oleh Nabi.

5. Baca dan pelajari kisah Nabi

Dari membaca perjalanan Nabi Muhammad dan para sahabatnya, kita bisa belajar bagaimana mendekatkan diri kepada Allah. Kisah-kisah yang patut dicontoh dan menginspirasi iman dapat membuat kita berefleksi dan mawas diri pada amal kita sendiri. Secara tidak langsung, cerita tersebut menjadi pengingat dan motivasi yang kuat untuk terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan.

6. Pastikan Selalu Makan dan Minum Halal

Makanan dan minuman halal sangat erat kaitannya dengan cara kita memperoleh rezeki. Oleh karena itu, jauhi aktivitas yang dapat mencemari kita. Utamakan segala sesuatu yang halal dan thayyib (baik). Makanan haram yang masuk ke dalam tubuh bisa membuat sholat dan sholat kita tidak diterima oleh Allah SWT, lalu bagaimana kita bisa merasakan manisnya iman jika Allah jauh dari hati kita?

7. Bergaul Dengan Orang-Orang Yang Beriman dan Beriman

Jika kita memiliki teman yang saleh, terkadang tanpa memberikan nasehat apapun, kita langsung merasa ditegur ketika melakukan kesalahan dan bertemu dengannya. Ya, sahabat yang taat itu ibarat alarm yang bisa menjadi pengingat langkah Anda untuk tetap di jalan yang lurus. Jika Anda merasa sangat sulit untuk pindah, mungkin inilah saatnya Anda mencari teman yang saleh dan berkumpul dengan orang-orang saleh. Kehadiran mereka akan sangat membantu Anda untuk menjaga keimanan dan ketakwaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *