Berita Terbaru – Secara sederhana, wisata religi diartikan sebagai ziarah atau kunjungan seseorang atau kelompok ke situs penting atau penting yang berkaitan dengan penyebaran suatu agama. Bentuk situsnya pun bisa bermacam-macam, mulai dari masjid, candi, patung, perhiasan, adat istiadat, hingga makam tokoh-tokoh terkemuka. Tujuannya, tentu saja bukan untuk meminta apa pun, melainkan untuk mempelajari bagaimana para pendahulu kita tumbuh menjadi pengkhotbah yang baik.

Kata travel diserap dari bahasa Sansekerta, vis yang artinya masuk. Kemudian kata tersebut diserap ke dalam bahasa Jawa Kuno vicata, dan diartikan sebagai perjalanan atau mengunjungi objek wisata. Secara umum, wisata religi dipandang sebagai perjalanan untuk mendapatkan kebahagiaan sekaligus ilmu. Pasalnya, selama berkunjung ke situs bersejarah, wisatawan akan diajak mengenal lebih dalam sejarah dan tokoh-tokoh berpengaruh di dalamnya. Wisata religi memang identik dengan kebiasaan umat Islam. Namun, saat ini makna tersebut mulai meluas ke setiap umat beragama. Nah disini kami akan memberikan rekomendasi tempat wisata religi yang populer di Indonesia.

Masjid Istiqlal

Masjid ini terletak di Jakarta dan menjadi masjid terbesar yang ada di Asia Tenggara. Karena ukurannya yang besar, yakni 93.200 m2, Istiqlal mampu menampung hingga 200 ribu jamaah. Masjid Istiqlal sering dijadikan sebagai pusat kegiatan keagamaan kenegaraan, bahkan Presiden Republik Indonesia biasa melaksanakan shalat Idul Fitri di sini. Meski menjadi salah satu ikon kebanggaan bagi umat Islam, nyatanya Istiqlal dirancang oleh Frederich Silaban, yang notabene seorang non-Muslim.

Masjid Menara Kudus

Hampir semua umat Islam mengetahui bangunan ikonik ini. Masjid Menara Kudus merupakan salah satu situs bersejarah yang telah berdiri sejak tahun 1549. Dilihat dari arsitekturnya, bangunan ini merupakan hasil akulturasi budaya Islam dan Hindu di masa lalu. Selain itu, masjid ini berada dalam satu kompleks dengan makam Sunan Kudus, salah satu penyebar agama Islam terkemuka di Indonesia.

Masjid Agung Jawa Tengah

Anda yang beragama Islam, perlu memasukkan masjid ini ke dalam bucket list wisata religi Anda. Dengan bangunan yang megah, Anda akan teringat dengan gaya masjid di Madinah. Pasalnya, masjid yang memiliki menara Asmaul Husna ini hampir mirip dengan masjid Nabawi. Jika Anda menaiki menara, Anda bahkan bisa melihat panorama kota sambil mengucapkan maa sha Allah.

Gereja Blenduk

Pada 1753, Gereja Blenduk dibangun. Hingga saat ini, keanggunan bangunan tersebut tak lekang oleh waktu. Dengan gaya neo klasik, siapapun yang melihatnya tidak akan mengira bahwa bangunan ini sudah berumur ratusan tahun. Untuk umat Protestan, gereja ini mempunyai ruang khusus yang sudah dipisahkan tersendiri. Menariknya, gereja ini punya Alkitab yang terbit tahun 1748 dalam bahasa Belanda, lho. Maka tak heran jika gereja ini menjadi salah satu ikon favorit.

Goa Maria Laudres

Umat ‚Äč‚ÄčKatolik harus mengunjungi tempat ini. Gua yang berdiri di atas lahan seluas 13 hektar ini memiliki 12 pancuran yang mewakili 12 rasul. Selain itu, kucuran air juga dipercaya memiliki efek positif bagi kesehatan. Untuk mengunjungi gua ini, Anda harus datang ke Kediri.

Pura Tanah Lot

Siapa yang tidak setuju kalau candi ini tidak hanya menarik bagi umat Hindu, tapi semua orang? Tentu saja karena pesonanya yang indah. Pura Tanah Lot terletak di Tabanan dan merupakan tempat wisata religi yang menarik. Meski tergolong kecil, gedung ini tidak pernah sepi.

Maha Vihara Maitreya

Medan juga memiliki situs religi terbaik bagi umat Buddha. Vihara Maitreya adalah biara terbesar di Indonesia. Selain menawarkan wisata religi yang menenangkan, Anda juga akan dimanjakan dengan kehadiran burung migran yang secara alami berasal dari Australia dan Eropa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *